Friday, March 19, 2010

Kenapa WC atau Septictank Cepat Penuh?

SEPTIC TANK adalah merupakan Habitat Bacteri, yang sekaligus Sebagi TPA. (Tempat Pembuangan Akhir) Kotoran Manusia Pada Umumnya.

Kotoran Manusia atau Tinja Adalah akumulasi dari 99,9 % Bacteri E’coli, yang konon katanya adalah Bacteri species pembusuk, artinya Fermentasi yang dilakukan E’coli adalah pembusukan, namun demikian keberadaan Bacteri sangat diperlukan guna menghancurkan tumpukan ampas tinja manusia yang disebut penguraian, itulah sebabnya keberadaan Bacteri sangat diperlukan dan tidak boleh dibunuh. Biasanya pemilik Kamar Mandi Lupa akan hal tersebut.

WC atau Closet selalu dicuci menggunakan Ditergen atau pembersih yang menggunakan bahan HCL atau anti septic, bahkan banyak orang yang menggunakan pewangi WC seperti karbol dan pewangi closet yang membunuh kuman/bacteri.

Nah, itulah yang menyebabkan Septic Tank cepat penuh, karena Bacteri pengurai mati semuanya dan tidak ada lagi yang akan menghancurkan Tinja sehingga dasar Septic Tank menjadi keras tidak lagi memiliki pori-pori, limbah tinja manusia sulit untuk meresap kedalam tanah.

Untuk itu tugas Kita untuk merawat Septictank untuk tidak membuang bahan-bahan yang bisa mematikan bakteri atau mikororganisme didalamnya. Bisa juga dengan segera menambah atau mengisi kembali Bacteri, Agar Septik Tank kembali berfungsi sebagai tempat penyimpan Kotoran Manusia sekaligus sebagai penyimpanan Air Tanah.


Hal Penting Dalam Merawat Septic Tank


Jangan memasukkan sampah yang tidak dapat diuraikan mikroba pengurai ke dalam closed seperti plastik, karet, filter rokok dan pembalut wanita.

Jangan memasukkan cairan anti septic seperti deterjen, karbol, lysol ke dalam closed karena dapat membunuh mikroba pengurai sehingga membuat septic tank cepat penuh.

Inget!. WC atau septictank penuh tidak harus disedot, karena tidak mengatasi masalah. Cukup berikan secara rutin serbuk mikroba Biomars, murah, mudah, dan ramah lingkungan. Keep green!

Artikel terkait yang penting dibaca



Post a Comment

Template by : kendhin x-template.blogspot.com